Senin, 19 September 2011

Cara Melarutkan Zat Padat ke Dalam Labu Ukur

Alat-alat kimia yang dibutuhkan :

  • Botol  timbang
  • Corong panjang
  • Labu ukur/labu erlenmeyer
  • Kertas hisap
  • Batang pengaduk
  • Pipet tetes
Langkah-langkah :
  1. Masukkan padatan yang hendak dilarutkan ke dalam botol timbang.
  2. Masukkan corong ke labu ukur, selipkan kertas hisap di batang corong.
  3. Angkat bersamaan botol timbang beserta tutupnya ke atas corong. 
  4. Lalu, ambil tutup botol timbangnya saja dan semprotkan dengan aquadest hingga bersih (tutup botol timbang sambil diputar-putar).
  5. Taruh batang pengaduk ke dalam botol timbang, alirkan aquadest ke batang pengaduk tersebut sampai setengahnya. Aduk-aduk dengan batang pengaduk, angkat bersamaan (botol timbang & batang pengaduk) ke atas corong. Tempelkan ujung batang pengaduk ke dinding corong. Tuang larutan yang berada di botol timbang. Jangan lupa ketika menuang, alirkan ke batang pengaduk.
  6. Lakukan langkah no. 6 berulang-ulang (minimal 3 atau 4 kali) hingga kamu benar-benar yakin bahwa tidak ada zat yang menempel di botol timbang tersebut.
  7. Bilas corong dengan aquadest (semprot dinding corong secara mengeliling). Begitu juga dengan batang corongnya. Lepaskan kertas hisap yang masih menyelip di batang corong, lalu semprotkan batang corongnya dengan aquadest (sambil diputar-putar) hingga bersih. Setelah itu letakkan corong dalam posisi tengkurap.
  8. Bersihkan mulut/batang labu ukur sampai bersih dengan aquadest (sambil diputar-putar).
  9. Isi labu ukur dengan aquadest hingga 1/2 cm sebelum garis tanda batas (semprot aquadest melewati dinding batang labu ukur).
  10. Lap dinding batang labu ukur dengan kertas hisap.
  11. Gunakan pipet tetes untuk mengambil dan menuangkan aquadest ke labu ukur hingga mencapai tepat di tanda batas labu ukur. Lakukan dengan hati-hati! Jangan sampai mengenai dinding batang labu ukur.
  12. Tutup labu ukur, angkat dan homogenkan (seperti menggunakan barble).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar