Kamis, 22 September 2011

Mempersiapkan Pipet Seukuran/Gondok Untuk Memindahkan Zat dari Labu Ukur ke Erlenmeyer

Alat-alat kimia yang diperlukan :

  • Pipet seukuran/gondok
  • 2 Tabung reaksi
  • Labu ukur
  • Erlenmeyer
  • Gelas kimia/gelas piala
  • Kertas hisap
Prosedur :
  1. 2 tabung reaksi dibilas dengan aquades (sambil diguling-gulingkan). Buang bilasan ke gelas kimia (aquades harus melewati dinding gelas kimia). Lakukan langkah ini sebanyak 3x agar benar-benar bersih.
  2. Isi tabung reaksi dengan sedikit aquades. Hisap dengan pipet gondok gunanya untuk membilas bagian dalam pipet. Ketika membilas, pipet gondok harus dimiring-miringkan hingga aquades membasahi bagian dalam tanda batas. Buang bilasan ke gelas kimia. Lakukan langkah ini sebanyak 3x agar benar-benar bersih.
  3. Bilas lagi tabung reaksi dengan larutan yang sudah dibuat sebelumnya di labu ukur dengan cara dituang. Buang bilasan ke gelas kimia. 
  4. Bilas juga pipet gondok dengan larutan tersebut. Buang bilasan ke gelas kimia. Kini pipet gondok siap digunakan untuk memindahkan larutan dari labu ukur ke erlenmeyer.
  5. Hisap larutan yang berada di labu ukur hingga melebihi tanda batas dengan menggunakan pipet gondok (ujung pipet harus menempel pada dasar labu. Ketika menghisap, pipet gondok dan labu ukur harus dalam posisi tegak)
  6. Lap ujung pipet gondok dengan kertas hisap.
  7. Tanda bataskan larutan yang berada di pipet gondok (masih menggunakan labu ukur). Ketika menanda bataskan, pipet gondok dan labu ukur harus dalam posisi tegak.
  8. Pindahkan larutan yang sudah ditanda bataskan di pipet gondok ke erlenmeyer. Ketika memipet, usahakan pipet gondok dalam posisi tegak dan ujung pipet menempel mulut erlenmeyer, sedangkan erlenmeyer dalam posisi miring. 
  9. Terakhir, semprot dinding-dinding erlenmeyer dengan aquadest. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar